Selasa, 25 Februari 2014

Paradigma Seorang Perempuan Seperempat Abad Dalam Bermasyarakat

Gambar nemu, haha!



Pada suatu sore yang tinggal beberapa menit menuju jam pulang kantor...



“Fel, install evian baby and me cobo... Pengen reti muka bayi kita kayak piye...”
“Duh. Emoh ah. Lagi males. Hahahhaa. Utekku isinya lagi banyak sampah e... Mau posting blog tiap hari, tapi hari ini ga tau mau posting apa. HAHAHAHAHAHHA.”
“Posting soal bayi?”
“Hmm... Iya ya.. Boleh.”



And then well done! Ajeng berhasil memberi saya ide menulis sore ini tentang BAYI. Apa sih bayi menurut kalian? Makhluk mungil polos kecil lucu? Kenapa ya semua orang suka sama bayi? Bahkan saya sendiri pun suka melihat bayi! Hebat. Apa karena jiwa keibuan saya mulai muncul? No no no! Bukan karena itu saya rasa, tapi karena... Bayi itu pandangannya polos, mungil, lucu, ringkih minta dilindungi terus dari peluru-peluru bertaburan, dan kalo dia tertawa itu berasa... BA-HA-GI-A ada di dalam diri. Semriwing gitu. Dunia terasa indah dan pelangi-pelangi imajiner bermunculan. Tapi kalo udah soal bersihin dan beresin eek-eek bayi ato pipis-pipisnya. Haha! Bo’, kesel! Nyuci baju saya sendiri aja males, apalagi nyuciin baju tambahan punya yang laen. Ya mbuh sih ya, kalik kalo saya jatuh cinta sama bayi, nyuciin baju bayi aja berasa bahagia? Aku durung weruh.





Bayi Dalam Paradigma Perempuan Seperempat Abad

Bayi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah anak yang belum lama lahir. Dan kebanyakan umur sekita wanita, se- ((((( K I T A ))))), udah banyak yang kepingin punya bayi. Lah? Alesannya apa? Kultur masyarakat? Jam biologis? Iya kalau udah ada calon. Lha kalo belom ya masak didesak-desak dengan pertanyaan, “kapan kawin?” CALON WAE RUNG ONO LOH, MAS MBAK MBOK BUDHE! Mbok percaya aja gitu loh sama Gusti Allah yang ngasih rejeki, lak yang penting upgrade diri terus. Trus lagi, kalo umur seginiseperempat abadbelom ada calon dibilang ga payu? Nikah itu bukan soal lomba lari. Nanti kalo udah saatnya kan ya DUER gitu, dapet hadiah. Sudah saatnya punya keluarga, lak ya DUER pengen duwe anak sisan. Kalo belom ada, ya udah ga perlu didesak. Society! Nah, ini juga muncul paradigma perempuan telat nikah itu ngamukan? Ini udah sering dibahas juga termasuk dalam buku Exparasit Lajang oleh Ayu Utami. Ngamukan-nya itu bisa berasal dorongan dari luar yaitu society, juga dalam diri sendiri seperti kurang bahagianya diri sendiri karena jarang dielus-elus—kayak, macan yang jarang dielus-elus kan ya beda efeknya sama macan yang sering dielus-elus. Yakalik cewek dibandingin mirip kayak macan?






Urip iku ga melulu soal menikah. Masih banyak hal indah di luar sana yang bisa dieksplor. Ini bukan berarti saya ga pengen nikah, bukan! Lah kalo udah ketemu yang pas kan ya nanti pengen nikah juga pada saatnya Ayo sini rayu saya biar mau nikah. Hahahhaha. Back to topic, Lah tapi loh, kita yang belom nemu mbok ya gausah banget-banget konsen dengan pikiran, “AKU KAPAN KAWIN YA? SAMA SIAPA YA?” Konsen aja sama, “AKU KUDU ISO INI-ITU-ANU-UNA” Gitu loh! Pleasee... Ga usah mikir yang keterlaluan yang belom ada di depan yang masih abu-abu, mending garap yang udah jelas aja maumu apa, pinginmu apa, biar uripmu itu manfaat. Bumi Allah itu luas... Ilmu Allah itu juga luas... Cintamu bisa disalurkan ke lain hal yang udah lebih jelas ketok moto. Saya cinta Allah melalui membaca Al-Quran dengan suara pemberian Allah yang indah ini, menulis dari otak dan pengetahuan yang dititipkan pada saya ini, menggambar dari feel komposisi dilengkapi dengan tangan saya yang lumayan njemblug ini, bermusik dengan jemari dan telinga saya yang lumayan peka nada, dan olahragaini masih malas ini sampai ruji sepeda karatan, yeks! Jadi, di situlah produksi cinta saya... Agar cinta saya pada Allah meningkat. Bagaimana bisa saya bilang saya tak cinta Allah? Allah ngasih saya makan terus dan ngurusi saya sampe sekarang ini umur dua puluh lima tahun, Bagaimana bisa saya bilang saya tak cinta Allah? Terima kasih ya Allah yang telah membahagiakanku dengan Keindahan-Mu dan Nabi-Mu, dan hadiah-hadiah-Mu, I love You! Muah!





Nah, membahas soal pernikahan... Sezuzurnya, saya ini pengen nikah tujuan awalnya ya pengen pacaran halal aja dulu, masih belom siap punya bayi kayaknya. Heh, aku durung tau pacaran blas rek! Ndemek tangan wae durung tau! Penasaran loh rek aku, rasane ndemek telapak tangane uwong sik dewe seneng ki piye... Pengen pacaran sik halal! Trus bisa nyalurin kemesuman apabila otak ini lagi mesum-mesumnya. Mosok durung tau pacaran kon langsung duwe bayi? HAMBAHMU! Berasa masa muda saya ga ada waktu buat berdua tok. Pengen ngerasain gimana rasanya kalimat “serasa dunia milik berdua...” Beda kan kalo ada bayi, kalimat itu bunyinya jadi “serasa dunia milik bertiga...” wah, selaen ga romantis juga ga familiar kedengarannya... Jalan-jalan berdua kemana gitu... Ga mikirin urusan bayi dulu atau biaya persiapan persalinan sama susu hamil...





Lagian tuh ya, menikah di Indonesia lebih banyakan “kebelet kawin” daripada “kebelet nikah”... Nyatanya ada kawin kontrak. Blah! Soalnya budaya kita dan ajaran agama yang masih kuat di masyarakat Indonesia menyatakan bahwa kawin tanpa ikatan agama itu ga boleh dan tabu banget.  Ya kalik aja, apabila dalam ajaran agama kawin tanpa ikatan agama itu halal, mungkin saya akan kawin berkali-kali karena penasaran. Kawin itu ilmu loh! Sampe dibukuin jadi buku kama sutra segala! Dan saya yang apabila sudah kawin berkali-kali itu tiba saatnya untuk menikah, saya akan benar-benar menikah tanpa alasan utama “kebelet kawin” tetapi karena benar-benar pingin menikah! Jadi bener-bener we are in love... Dong maksudku? Ya gitu deh...





Sekian dan terima kasih. Tulisan ini beberapa adalah sumbangan dari mbak Ajeng Setyo Wardhani yang juga single diumur dua puluh lima tahun, seperti saya yang juga bahagia dengan hal lain selain “KAPAN YO AKU KETEMU JODOH?” Ga selese-selese kalau mikir itu terus. Kebek nanti otakmu sama pertanyaan itu terus dan bisa bikin kamu jadi gila! Gila Jiwa! 
Heh, saiki aku arep takon, jane pengenmu kebelet nikah saiki kui karene pengen bagian party-ne kan? Meri kan ndelok party-ne konco-koncomu? Hayoloh ngaku... Foto Prewed lucu, Resepsi yahud, dan happily ever after...

4 komentar:

  1. Fela..suka deh :D *ninggalin jejak...hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ninggalin jejak buat blog-mu ya mbak? :))) Ntar punyamu kumasukin blogroll-ku... baru ngerti blogmu, hehehhe

      Hapus
  2. Pengen pindah ke luar indonesia (biar.ga ditanyai kapan nikah?bosen..:)) #random

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohhh... Kirain biar boleh kawin bola-bali mas tanpa cercaan, hahahhaha,
      Tapi masih terikat oleh agama, ga jadi deh kawin bola-bali, tapi lumayan buat kabur dari kebosanan pertanyaan, "kapan nikah?"

      Hapus