Senin, 30 April 2012

Cyber Love


Badai Online [2]

Kathleen Kelly & Joe FOx

“Pyuh! Pegawai biasa, gaji standar. Status jomblo. Tempat ndoprok sementara: Jakarta. Lagi mikir super berat. Tiket PP Jakarta-Surabaya itu, setidak-tidaknya sejuta-an. Liburku pun cuma Sabtu dan Minggu. Aduh. Ke Surabaya-enggak-ke Surabaya-enggak. Ada sih duit. Tapi, duit sejutaan habis dalam selang waktu 2 hari aja itu, mubadzir besar! Tapi,  penasaran. Butuh buat konfirmasi pada perasaan saja sih. Pergi-enggak-pergi-enggak. Galau tingkat dewa.”
(Lelaki—teteup kalem dan penuh dengan coolness)


“Hah? Apa ini? Engga mungkin!  Sangat memalukan. Ngga mungkin seorang Sri dengan mudahnya naksir makhluk online? Ini bener ga sih? Ini hukuman bagi para pecinta online ya? Tuhan? Hoi Tuhan, aku dipermainkan internet… Aaaaa… Aku suka internet, tapi ogah melibatkan hati. Haaaaaaakkkkk… Matilah aku. Mati! Mati! Mati! Tuhan, tolong sadarkan aku dari mimpi buruk ini. Bayang abu-abu nggak jelas! Aku ngga ngerti ini kudu ngapain. Apa-apaan ini, hah? Bola mataku rasanya mau loncat kegirangan kalau lihat mr_paijo online. Dan tiap melihat notification orange berkedip-kedip, hatiku langsung oleng, saking senengnya. Makjang… Tampar aku Tuhan! Tampar aku!  Aku terbelasuk ke jalur abu-abu. Kalau sampai teman-temanku tau, aku tak akan bisa lolos dari julukan makhluk ga realistis. Maluku sudah tak bisa kusembunyikan di pantat lagi—yang sekarang sudah pindah ke muka. Oh… Dia di sana-aku di sini. Aku menyusahkan diriku sendiri. Kayak ga ada lelaki di depan mata saja. Malah naksir lelaki online.”
(Wanita—yang jelas lebih bawel dan lebay daripada makhluk yang disebut lelaki.)


Adalah jeritan hati para onliners yang sedang terjerat jaring-jaring cinteh onlineh. Ternyata, cinteh sekarang tak sebatas mata memandang, namun bisa meloncat-loncat seperti kutu loncat, lewat jejaring online. Jadilah cinteh onlineh.

~O~

Pagi. Mendung. Dalam kamar kost. Dan, maskeran!—kebiasaan yang teramat jarang saya lakukan. Memulai Senin dengan cantiknya. Latihan otak kulakukan, mencoba mengulas keadaan tak terelakkan yang dialami oleh korban cyber love. Menganalisis, mensistematisasi, menggodognya, lalu menjadikan bacaan intermezzo diwaktu bolong Anda. Kenapa saya bahas? Karena meneruskan tulisan terdahulu, Badai Online [1]—saya sedang fokus-fokusnya dengan dunia online dan efek-efeknya. Termasuk ini, Badai Online [2] Cyber Love.


Tau film You’ve Got Mail? Film yang dibintangi Mbak Meg Ryan (Kathleen Kelly) dan Om Tom Hanks (Joe Fox). Hanya satu hal yang bisa membuat hari sejoli online tersebut kegirangan lari tunggang langgang, tulisan kedip-kedip dalam layar online “You’ve Got Mail”. Bha! Di cerita itu, melihat lappi itu bagaikan melihat kekasih tercinta, "lappiku cintaku". Rajin dielus-elus, dipegang-pegang, ditengok-tengok, disenyum-senyumi, dan tingkat parahnya sampai diajak ngomong atau terkadang malah dimarah-marahin—jadi mencet keyboardnya manteb sampe bunyi "tak cetak cetak cetak tok!", nutup lappinya juga bunyi, "klap".


Yap, itu film tahun 1998 yang settingnya di kota New York tercinta(nya) yang jelas-jelas berbeda dengan keadaan sekarang, di sini Indonesia—ga tau ya kalo di NY sekarang gimana, mungkin bisa lebih parah. Sekarang online itu makin parah, sudah dibahas pula di Badai Online [1], makin menjerat hati karena dibawa kemana-mana. Bagaimana tidak? Online sekarang sudah masuk hape teman, hape! Smart Phone istilahnya. Dari aplikasi di Black Berry ada BB, YM, jejaring sosial apa pun lah. Ya ga masalah sih kalau emang bener-bener online penting, browsing atau kebutuhan kerjaan. Tapi kalau udah sampai nagih itu lho, jadi kurang ngeh dengan dunia sekeliling (fokus terbagi-bagi antara mendengarkan manusia live dan berhubungan dengan manusia online) parahnya sampai kena jejaring cyber love. Nah kan?


Cerita demi cerita saya dengarkan dengan seksama dari berbagai sumber, termasuk blog tetangga lajang dan menikah yang judulnya 'Jodohnya di Facebook'. Tersimpulkan bahwa para pelaku jejaring cyber love itu, cukup banyak. Ada yang berhasil, ada yang setengah berhasil, ada yang benar-benar gagal.
  1. Berhasil: Setelah ketemuan ternyata berhasil sampai tingkat nikah (yang entah ga tau di nikah itu berhasil atau enggak. Haha).
  2. Setengah berhasil: setelah tidak berhubungan online lagi, tepatnya sesudah bertatap muka satu sama lain, tinggal di satu kota, berlaku status in relationship beberapa bulan, lalu putus karena ditemukan bahwa di online cocok namun live-nya tidak cocok. Haaaak apa pula itu.
  3. Gagal: ya benar-benar gagal, belum memulai saja sudah gagal, alias bertepuk sebelah tangan. Kasian ya? Kan, nasib. :] 


Mungkin penyebab terbesar kasus cyber love adalah lokasi. Lalu dibawah lokasi, ada perihal kehidupan pegawai kantoran. Ngantor pagi, pulang sore, capek, mandi, makan, lalu online sebentar, dan tidur! Begitulah rutinitasnya. Hidup di perkotaan yang mau ga mau pada akhirnya kita berlaku sleepless seattle, banyak online-nya, jarang jalan-jalannya, jarang ketemu orang-orang baru—bagi orang yang hidupnya ga aktif dengan kegiatan atau komunitas macam-macam, ya begitu akibatnya. Ga beruntung ya, bagi mereka yang cyber love dengan orang yang beda tempat tinggal, jauh pula. Pada akhirnya cuma bisa digemari, disenyum-senyumi via internet karena mentok susah ketemu karena lokasi masing-masing saling berjauhan. —Lha, salah sendiri kali ya? Mau-maunya suka sama orang online yang jauh di sana. Cari masalah! Tapi, kalau ketemunya dan cocoknya sama orang yang jauh di sana, gimana dong? Ya risiko. Embuh. Eh, tapi itu siapa tau bukan suka lho, mungkin CUMA penasaran? Mungkin. #selftalk


Etapi, kok bisa ya orang seneng sama manusia dengan sosok tak terjamah alias virtual, online, bayang-bayang, mimpi, apalagi kata yang pas? Mungkin karena via online itu, orang lebih mudah mengungkapkan, mengaktualisasikan diri lewat kata-kata ketimbang via bercakap-cakap secara live. Dan yang ditampakkan via internet itu, ya yang baik-baik saja, yang menarik untuk dikonsumsi publik, yah kurang lebih begitu. Kita kan ga ngerti, kalau ternyata dia (yang jauh di sana dan online) yang menurut penggambarannya itu orang cerdas, manis, so sweet, romantis,—apalagi?—, ternyata tukang kentut, ngupilan, ngorok, bersendawa keras, ketawa (live) yang ga ada indah-indahnya sama sekali hingga memekakkan telinga, dilengkapi pula dengan BAU BADAN yang menyengat. Oh ya satu lagi, siapa tau bisu? Nah, kan? Indra-indra perasa, pengecap, pembau, pendengaran dari tubuh kita, tidak bisa merasakan secara online. Yang berlaku via online itu, cuma satu, yaitu indra penglihatan. Apa kalian siap dengan keadaan itu semua—kenal hanya dari indra penglihatan saja, di internet?


NB: Cukup beruntunglah bagi orang yang seenga-engganya pernah ketemu sekali dua kali—dalam takdir kebejonan yang tak terelakkan, ga sengaja ketemu di satu kota, lalu berjauhan lagi, ujung Indonesia timur dan ujung Indonesia barat, kurang jauh, hah?—. Bisa melihat dan mendengarkan secara live, bagaimana suaranya (ada?), cara ketawanya (manis?), dan cara bicaranya (alus?). Lalu, sering berjalannya waktu, kita lupa cara tertawanya dan suaranya. Hahaha. Menderitalah kau! Yaudah sih, telepon. 


Jadi, kesimpulannya?  Dari cerita manusia cyber love?
Manusia online di atas, berhasil menggantikan kedudukan manusia nyata di depan mata. Wauw! Kok bisa ya? | Ya kan hati itu, dirasabukan dilihat. Kecocokan, keklikan itu dirasa, tapi ya dilihat juga sih—ngecek ada unsur deg-degannya apa enggak. :D Ketemu, kalau cocok ya lanjut, kalau enggak, ya udah. Gampang kan? Kayak di film You’ve Got Mail. Ketemu, kalau jauh, butuh duit ya? Haha. Dasar masalah!


Ada yang kena virus cyber love? Atau Anda sendiri, yang membaca ini? HAHAHAHA

5 komentar:

  1. ada yang berhasil ada yang enggak.teori ku sih, sebenernya itu gak mungkin terjadi. sleepless seattle itu film, pastinya dibuat romantis. tapi itu gak nyata, dongeng, happy ending never really exist the way it is in the fairy tail. it is exist in its own way.

    balik lagi ke teori itu. jadi itu sebenernya gak nyata, tapi film-film romantis macam you've got mail, sleepless seattle, pastinya diadaptasi ke ftv,komik,novel,dll, entah mana yang duluan. membuat para pembacanya merasa itu nyata. berbekal mimpi, sesuai teori buku "secret", itu bener2 jadi kenyataan. karena selama seseorang sangat percaya pada satu hal, hal itu sangat amat mungkin jadi nyata. begitu juga sebaliknya.

    pada akhirnya film, dongeng, konsep cyber love atau hal2 yang tidak nyata tersebut, ya justru jadi inspirasi banyak orang yang akhirnya jadi kenyataan.

    seorang teman berpacaran slama lebih dari 2 tahun, setelah jadian di mig33, dan ketemu justru setelah jadian.

    teman yang lain baru saja menikah dengan cowok yang ditemukannya di facebook.

    On the spot trans7 pun pernah menayangkan pasangan bernama sama yang menikah, setelah iseng2 mencari nama yang sama persis dengannya. ternyata beda gender dan berakhir bahagia dengan pernikahan.

    so, cyber love? why not. it's just not my thing. :)

    BalasHapus
  2. iya loh fel, aku terkadang mikir ngono, gaji masih standar, buat pp jkt-sby, hbs sejutaan utk kurang lebih 2 hari, eman juga, tapi kalo ad tmn deket nikah, tetep tak usahain berangkat, walau pengeluaran besar....tp demi temen deket, smg berkah dan di ganti rejekinya...itu sj seh kalo pendapatku

    BalasHapus
  3. eh tapi itu pendapat bukan buat cyber love loh, pendapat sekedar PP jkt-sby aj,... hahaha, ojok salah tangkap fel....hahahaha

    BalasHapus
  4. Iyo ho'oh Ris. :))
    Mahal yo, tapi besok kl aku nikah, temen deketku tak kasihin inep di rumahku dulu. Kl punya banyak duit, tak bayarin tiket ke tempatku. :)) Idealnya gitu.

    BalasHapus
  5. Tergelitik juga nih buat ikutan komen, secara saya dan partner adalah pejuang LDR *lebay* Nobody told me that wasn't easy to have long distance relationship. hell yeah, it's freaking difficult. untuk sekedar ngobrol di telepon ajah susah, apalagi ketemu setiap hari. bisa jembol kantong saya. sekarang judulnya "Cintaku Berat Diongkos". Tapi kalo enggak kayak gini, ngga bakalan ada dari kami yang bisa maju dan berkembang. Memang keberhasilan itu enggak bakalan datang dengan berpangku tangan. Harus ada yang dikorbankan, ya itu kebersamaan. Damn! :(

    BalasHapus